SILABUS

SILABUS  
MATA KULIAH : LANDASAN PENDIDIKAN
KODE MATA KULIAH : 
SKS : 3 SKS 
SEMESTER : GANJIL 
MK Prasyarat : - 
DOSEN : Arif Supriatna, S.Pd.  

DESKRIPSI 
Dalam upaya peningkatan kualitas pendidkan perlu adanya upaya peningkatan pelaku pendidikan. Guru sebagai ujung tombak pelaku pendidikan perlu mendapatkan perhatian dengan memberikan bekal pengetahuan yang terkait dengan persoalan-persoalan pendidikan. Landasan pendidikan sebagai salah satu mata kuliah perilaku berkarya (MPB) memberikan bekal kepada mahasiswa calon guru untuk lebih mudah mempelajari konsep-konsep pendidikan dan membangun sikap kritis dan konskruktif dalam menanggapi masalah-masalah dan praktek pendidikan yang berkembang di masyarakat. Bekal pengetahuan yang diberikan tersebut meliputi: pemahaman tentang peserta didik, hakekat pendidikan, pendidikan nasional Indonesia, pendidikan sebagai keseluruhan, UU Sisdiknas, filsafat pendidikan, sejarah pendidikan, pendidikan dan pembangunan, keadaan masyarakat masa depan, yang akan mendasari pandangan mahasiswa tentang pendidikan yang harus menjadi pusat perhatian dan pengembangan keilmuan mereka. KOMPETENSI 
1. Mahasiswa mampu menjelaskan hakekat manusia. 
2. Mahasiswa mampu menjelaskan hakekat peserta didik 
3. Mahasiswa mampu menguraikan pandangan pendidikan tentang manusia sebagai animal educandum 
4. Mahasiswa mampu menjelaksan hakekat dan karakteristik pendidikan. 
5. Mahasiswa mampu menerangkan unsur-unsur dalam pendidikan 
6. Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik Sistem Pendidikan Nasional Indonesia. 
7. Mahasiswa mampu menjelaskan sistem pendidikan di negara lain 
8. Mahasiswa mampu memahami, menerangkan dan menganalisis Landasan Pendidikan Nasional Indonesia 9. Mahasiswa mampu menjelaskan keterkaitan antara pendidikan dan pembangunan 
10. Mahasiswa mampu menjelaskan pendidikan sebagai sistem 
11. Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami masalah-masalah pendidikan di Indonesia 
12. Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menganalisis Undang-Undang SISDIKNAS 2005 
13. Mahasiswa mampu menerangkan aliran kefilsafatan pendidikan 
14. Mahasiswa mampu menjelaskan kliran Klasik dan rintisan pendidikan di Indonesia 

RUJUKAN/REFERENSI 
1. Wajib : 
A. Redja Mudyahardjo, (1989). Rangkuman Perkuliahan Pengantar Pendidikan : Sebuah Study Awal 
    Tentang Dasar-dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia, Jurusan FSP FIP IKIP 
    Bandung 
B. Tholib Kasan, (2009). Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta : Penerbit Studia Press 
C. Umar Tirtarahardja dan La Sulo, (1994). Pengantar Pendidikan, P2PMTK, Dirjen Dikti, Depdikbud 
D. Undang-undang No. 3 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional 

2. Anjuran 
A. Achmad Sanusi, (1998), Pendidikan Alternatif : Menyentuh Aras Dasar Persoalan Pendidikan 
     Kemasyarakatan. Bandung : Penerbit Grafindo Media Utama 
B. Awan Mutakin, Dodih Heryadi, (2005). Nilai-Nilai Kearifan Adat dan Tradisi Dibalik Simbol (Totem) 
     Kuda Kuningan. Bandung : Penerbit PPS, UPI 
C. DePorter, B., Hernacki, M. (2000). Quantum Learning. Bandung: Penerbit Kaifa. 
D. Gordon Dryden, Jannete Vos, (2002). Learning Revolution. Bandung : Penerbit Kaifa. 
E.  Ignatius Gatut Suseno, (2008). Pendidikan Yang Memerdekakan Siswa. Yogyakarta : Penerbit Rumah 
     Belajar Yabinkas. 
F.  Ivan Illich, (2000). Bebaskan Masyarakat dari Belenggu Sekolah. Jakarta : Penerbit Yayasan Obor 
     Indonesia 
G. Ki Hadjar Dewantara, (1962). Pendidkan. Jogjakarta : Penerbit Pertjetakan Taman Siswa 
H. Mohamad Zen, (2002). Orang Laut : Study Etnopedagogi. Jakarta : Penerbit Yayasan Bahari 
     Nusantara   
I.  Muhammad Nu’man Somantri, (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan. Bandung : Penerbit 
    Rosdakarya 
J.  Oong Komara, (2006). Filsafat Pendidikan Non Formal. Bandung : Penerbit Pustaka Setia 

RANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN 
1. Pendahuluan Manusia dengan Pendidikan 
    a. dimensi hakekat manusia 
    b. hakikat manusia dalam pandangan Islam 
    c. hakekat peserta didik dari dimensi antropologi 
    d. hakekat peserta didik dari dimensi psikologi 
    e. hakekat peserta didik sebagai animal educandum 
    f. implikasi animal educandum dalam pendidikan 
3. Hakekat Pendidikan 
    a. Hakekat pendidikan dari pendekatan reduksionisme dan holistik 
    b.Karakteristik pendidikan sebagai pembelajaran 
    c.Karakteristik pendidikan di Indonesia 
    d. Hakekat pendidikan dalam perspektif fungsi. 
    e. Unsur-unsur pendidikan 
    f. Hubungan unsur-unsur pendidikan 
5. Pendidikan Nasional Indonesia 
    a. Azas-azas Pendidikan 
    b. Nasionalisme & pendidikan nasional 
    c. Karakteristik SPNI 
   d. Strategi pembangunan pendidikan di Indonesia 
   e. Penyelenggaraan pendidikan nasional 
   f. Landasan Hukum Pendidikan Nasional 
   g. Landasan SejarahPendidikan Nasional 
   h. Landasan Sosial Budaya Pendidikan Nasional 
    i. Landasan Psikologi Pendidikan Nasional 
    j. Landasan Ekonomi Pendidikan Nasional 
7. Pendidikan Sebagai Keseluruhan 
    a. Pengertian sistem 
    b. Pemetaan pendidikan nasional sebagai sebuah sistem 
    c. Pemetaan sekolah sebagai sebuah sistem. 
8. Ujian Tengah Semester 
9. Undang-Undang SISDIKNAS 
    a. Visi dan Misi Pendidikan Nasional 
    b. Jalur, jenjang, dan jenis pendidikan 
    c. Peran serta masyarakat dalam pendidikan 
10. Penyelengaraan Pendidikan oleh negara lain 
      a. Undang-undang Pendidikan Negara lain 
      b. Sistem pendidikan Negara lain 
11. Aliran Kefilsafatan Pendidikan 
     a. Aliran kefilsafatan pendidikan 
    b. Pengaruh aliran kefilsafatan pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan. 
12. Aliran Klasik dan Rintisan Pendidikan di Indonesia 
      a. Aliran klasik b. Rintisan baru dalam pendidikan. 
13. Permasalahan Pendidikan 
      a. Pengertian dan jenis masalah pendidikan 
      b. Masalah partisipasi, relevansi, efektivitas, dan efisiensi pendidikan 
14. Pendidikan dan Pembangunan 
      a. Pendidikan dan pembangunan masyarakat 
      b. Paradigma masyarakat Indonesia masa depan
      c. Relevansi pendidikan dan pembangunan. 
15. Keadaan Masyarakat masa depan 
      a. Perkiraan masyarakat masa depan 
      b. Upaya pendidikan dalam mengantisipasi masa depan. 
16. Ujian Akhir Semester 

METODE PENILAIAN 
1. Indikator Keberhasilan 
a. mampu menjelaskan hakekat manusia. 
b. mampu menjelaskan hakekat peserta didik 
c. mampu menguraikan pandangan pendidikan tentang manusia sebagai animal educandum d. mampu menjelaksan hakekat dan karakteristik pendidikan. 
e. mampu menerangkan unsur-unsur dalam pendidikan 
f. mampu menjelaskan karakteristik Sistem Pendidikan Nasional Indonesia. 
g. Mampu menjelaskan sistem pendidikan di negara lain 
h. mampu memahami, menerangkan dan menganalisis Landasan Pendidikan Nasional Indonesia 
i. mampu menjelaskan keterkaitan antara pendidikan dan pembangunan 
j. mampu menjelaskan pendidikan sebagai sistem 
k. mampu menjelaskan dan memahami masalah-masalah pendidikan di Indonesia 
l. mampu memahami, menjelaskan dan menganalisis Undang-Undang SISDIKNAS 2005 
m. mampu menerangkan aliran kefilsafatan pendidikan 
n. mampu menjelaskan kliran Klasik dan rintisan pendidikan di Indonesia 

2. Teknik Penilaian 
a. Penilaian Proses             : 25 % 
b. Tugas Terstruktur          : 20 % 
c. Ujian Tengah Semester  : 25 % 
d. Ujian Akhir Semester    : 30 %

3. Kriteria Penilaian Rentang Skor Nilai Mutu 
Keterangan 
82,6 - 100    A        4    LULUS 
77,6 – 82, 5  B/A    3,5 LULUS 
72,6 – 77,5   B        3    LULUS 
67,6 – 72,5  C/B     2,5 LULUS 
62,6 – 67,5  C        2     LULUS 
57,6 – 62,5  D/C    1.5   LULUS 
50    – 57,5  D       1      LULUS 
<50          E        0     TIDAK LULUS

0 komentar:

Post a Comment

Followers